(Rest In Peace, Dolores O'Riordan), Inilah 5 Lagu Favorit dari The Cranberries!

Oleh: Intan Ayu Pratiwi

Saya rasa banyak sekali hal yang turut andil membangun rasa ketika kita berusaha untuk mengenang masa lalu, merasakan sensasi menjelajah ke masa lampau, tapi kalau hal yang mampu menstimulus dan membuat kita larut selarut - larutnya ke dalam hal tersebut adalah melalui lagu. Itulah kenapa saya selalu merasa masih muda belia dan sedang bermain gitar bersama bapak saya diteras rumah ketika mendengar lagu Shania Twain - You're Still The One sampai lagu - lagu hits dari negeri tetangga semacam Exist, Stings, Slam, dan sebagainya.
Itu baru di masa kecil saya dan belum masa - masa ketika saya menginjak sekolah menengah pertama, dan lagu - lagu dari The Cranberries tentu jadi salah satu lagu yang tak pernah membosankan untuk saya dengar dari dulu sampai sekarang karena mampu membawa suasana muda saya kembali. (-red)


The Cranberries, sewaktu saya putar lagu - lagunya, ada yang berceletuk: "Suara vokalisnya gak jelas gitu kayak orang mabuk", huhuuu. Tapi cobalah pahami lirik - liriknya,  ho'oh banget. Selain itu ada kesan dan cerita dibalik 5 lagu The Cranberries yang membangun masa lalu saya.

1. Zombie
Lagu yang populer di era 90-an ini siapa yang tidak tahu? Dan biarpun sudah lama rilis, lagu ini tetaplah menarik bagi banyak orang (termasuk saya). Saya punya cerita terkait lagu ini, pada saat pertama kali mendengar lagu ini kesan yang saya tangkap adalah seram, menakutkan. Waktu itu saya masih bocah, yang hanya mengerti sekolah di pagi hari, tidur di siang hari, dan ngaji di sore hari, saya pikir lagu ini bercerita tentang suatu kota yang penduduknya terjangkit virus dan benar - benar berubah menjadi zombie, bukan main imajinasi saya. Ternyata saya salah, setelah saya beranjak remaja dan melakukan sedikit usaha pencarian ternyata lagu ini menceritakan tentang konflik negara yang mungkin mengakibatkan kota - kotanya seperti mati dan sunyi. Dan kenapa video klip lagu ini banyak menampilkan anak kecil? Merekalah yang menjadi korban. Lagu yang dibuat sebagai bentuk protes, menyentuh hati dan terkesan sendu, mungkin karena pesan yang terkandung didalamnya.



2. Ode To My Family
Salah satu lagu dalam album No Need To Argue (1994). Lagu lama ya, tapi enak sekali didengarkan. Kesan yang saya tangkap dari lagu ini tak lain dan tak bukan adalah keluarga, sejauh apapun berpetualang, akan ada masanya untuk kembali ke rumah.
My mother, my mom,
She hold me, she hold me
When I was out there.
My father, my father,
He liked me, oh, he liked me.
Does anyone care?




3. When You're Gone
Nah, lagu yang satu ini mengingatkan era SMA yang asem manis. Jadi ceritanya pada waktu itu saya punya kekasih hati, pacaran hanya berjalan 4 bulan dan tanpa alasan yang jelas akhirnya saya memutuskan hubungan, selang beberapa lama saya merasa menyesal. Pada suatu saat kami berjumpa lagi, namun kemudian dia kembali menghilang. Mungkin kalau diangkat jadi sinetron, kisah saya ini bisa menguras air mata, mengalahkan sinetron Cinta Fitri dan Tersanjung. Best wishes for him, deh....



4. Empty
Masih salah satu lagu dalam album No Need To Argue (1994), mungkin orang beranggapan lagu ini adalah lagu menye - menye. Dengan semangat saya teriakkan "YA!  BETUL!", lagu patah hati yang mempunyai makna mendalam. Something has left my life.....
Kenapa saya suka lagu ini? Lagi - lagi karena tema lagunya, dilihat sekilas dari judul lagunya mungkin kalian bisa menebak, lagu ini memuat dua hal, cinta dan kehilangan, yang sangat menggambarkan keadaan saya pada waktu itu, haha.




5. Linger
Lagu yang ada di album pertama The Cranberries,  Everybody Else Is Doing It So Why Can't We? (1993) sebuah lagu mellow yang membuat saya ingin berkata kotor, KOTOR!! KOTOR!! Lagu ini memiliki makna yang "dalam". Sedalam apa? Sialan!, saya juga bingung bagaimana menjelaskannya. Dari segi musik, Linger ini bisa dibilang sendu yang gak sendu - sendu amat, dan ini adalah lagu yang paling sering saya dengar dari ke-5 lagu yang ada di list saya ini. "Kebetulan" yang lain dari lagu ini adalah menyinggung seseorang yang seolah menjadi bodoh karena orang yang dicintainya.
But I'm so deep,  you know I'm such a fool for you
You got me wrapped around your finger
Do you have to let it linger... Do you have to...
Do you have to...




The Cranberries yang albumnya meledak disaat saya masih ingusan, kumpulan lagu terbaik yang gak melulu soal cinta-cintaan. Untuk mbak Dolores, izinkan saya menyanyikan penggalan lagu Cordell berikut ini:
Time will tell...
They say that you've passed away...
And I hope you've gone to a better place...

Semua jempol berikut jarinya buat Dolores!
Hail Dolores!!! Hail The Cranberries!!!



Oleh: Intan Ayu Pratiwi





Benbenan.com terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin bergabung dan berkontribusi melalui tulisan, foto, video, dsb. Langsung kirim ke benbenandotcom@gmail.com
nantinya setiap karya yang lolos editing akan kami terbitkan di laman benbenan.com

Terimakasih, selamat berkarya!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.