9 Single Terbaik Musisi Ponorogo 2018!



Di sepanjang tahun 2018 kami dan tim mencoba untuk terus memantau pergerakan skena musik di kota kami sendiri, yang sedari awal benbenan.com terbentuk, kami menilai usaha untuk tetap produktif sebuah band yang berdomisili di kota skala kedua seperti Ponorogo adalah satu hal yang amat sangat perlu kita apresiasi, mengingat beberapa hal salah satunya adalah euphoria penikmat musik yang masih cenderung menaruh perhatian penuh mereka ke musisi-musisi ibukota dan lagu-lagu yang sedang viral dari aplikasi tiktok. Tak cukup sampai di situ, memutuskan untuk terus produktif di sebuah kota yang sebagian besar kawula mudanya masih lebih memilih mengikuti perlombaan-perlombaan band (kerap disebut sebagai Festival Band) adalah sebuah pilihan yang cukup berani dan menjadi pembeda, terlepas dari bagus dan belum bagusnya karya tersebut, karena sejatinya musik adalah untuk didengar bukan dilihat, melalui prasasti berupa lagu bukan piala.

Berikut 9 grup/band/solois dengan karya terbaiknya yang "menyelamatkan" wajah musik Kota Ponorogo selama tahun 2018, serta perlu kita antisipasi bersama kejutan apalagi yang akan mereka hadirkan di tahun-tahun berikutnya:



BAY - "Sempurna Di Mataku"
Bayu mencoba untuk tetap konsisten dalam berkarya, setelah sebelumnya tergabung dalam unit Pop Rock "Romantick" dan sempat terhenti beberapa saat karena satu hal, kali ini Bayu mencoba peruntungan lewat proyek solonya dengan single terbaru bertitel "Sempurna Di Mataku". Terlepas dari masih relevan dan tidaknya sebuah ode seputar percintaan dan perselingkuhan, namun sejauh ini Bayu terus berusaha untuk tetap konsisten berjalan pada rule-nya. 

FUN FUN FOR ME - "Remaja Milenia"
Unit Pop Punk kawakan ini masih terus mencoba produktif di tengah kesibukan masing-masing personel, sempat dituduh vakum dan belum akan merilis karya lagi karena jarak antar personel yang sudah tak sekota, namun pada akhirnya mereka mematahkan tuduhan itu. Tepat pada tanggal 15 Juli 2018 mereka merilis single sekaligus video musik terbaru bertitel "Remaja Milenia" melalui kanal YouTube dan sudah ditonton lebih dari 5000 kali.

GAN - "Nisantara"
Beberapa waktu lalu, kami sudah sempat mengulas rapper muda kebanggaan Kota Ponorogo ini (klik di sini). Di usianya yang terbilang sangat muda, di saat pemuda-pemudi seusianya sedang terlena dan tertimang oleh imutnya lagu Su Sayang yang terdengar dari hampir semua sudut ponsel di kelas manapun, di saat pemuda-pemudi seusianya bernyanyi dan bergerak secara atraktif mengcover lagu yang sedang viral di media sosial, di saat itu pula GAN lewat lagunya berjudul "Nisantara" dengan lantang mengkritisi satu permasalahan yang akhir-akhir ini banyak menimbulkan perpecahan di masyarakat, yaitu pengaruh politik gelap. GAN mencoba terus konsisten dalam berkarya, berbekal potensi yang ia miliki, dan idealisme yang ia kantongi, serta dukungan kawan sekomunitasnya di Reyogland Hip Hop Ponorogo.

GENIO - "Adiwangsa"
Adiwangsa merupakan single perdana Genio dalam proyek instrumentalnya, karya ini terinspirasi dari dan sekaligus untuk menyambut kelahirannya anak pertamanya beberapa waktu lagi. Jika sesuai rencana single ini akan bisa diakses melalui platform digital pada bulan ini. Saat ini, Genio juga tergabung dalam unit Jazz kenamaan Kota Ponorogo "Holdingsky" yang 2 tahun terakhir mendapat kesempatan bermain dalam hajatan akbar NGAYOGJAZZ.

HOWLERNESS - "Wonderlust"
"Wonderlust" merupakan salah satu single Howlerness yang ada di dalam EP mereka Nasty Matter. Unit Rock yang pada awal 2018 lalu secara resmi merilis EP perdananya tersebut juga sempat merilis video lirik dan video live perform terbaru melalui kanal YouTube mereka beberapa waktu lalu. Tersiar kabar, saat ini mereka sedang menggarap beberapa lagu baru guna memenuhi bakal album mereka selanjutnya.

PLANET ACADEMIC - "Wanita Yang Kudamba"
Produk Pop Punk terbaru dari kota Ponorogo ini baru saja menelurkan karya perdananya. Dibagikan secara bebas bea melalui akun soundcloud mereka. Bagi kami, tak banyak berharap dari mereka, cukup kembalikan Pop Punk yang berkualitas dan kembali menguasai pensi-pensi yang sejauh ini sudah mulai kehilangan gregetnya.

TUHKASTURA - "Exist In Harmony At The Center Of The Universe"
Belum lama terbentuk, unit Psychedelic Tuhkastura langsung mengawali kiprahnya dengan merilis single dalam format video musik berjudul panjang "Exist In Harmony At The Center Of The Universe" pada tanggal 28 November lalu bertepatan dengan Hari Menanam Pohon Indonesia. Warna musik Tuhkastura terbilang baru dan cukup menjadi angin segar bagi skena musik di Ponorogo.

VANAGANDR - "Bad Trip"
Jauh sebelum kuartet doom/stoner tersebut merilis album mini "Void Dimension" beberapa waktu lalu, sejatinya single ini sudah dirilis secara terpisah lebih dahulu via  Soundcloud dan YouTube mereka. Terbaru, mereka merilis video live performance melalui kanal YouTube, yang direkam saat peluncuran mini album Void Dimension.

WEAK AND WEARY - "Fase"
Setelah pada tahun 2017 masuk dalam deretan lagu terbaik versi benbenan lewat single mereka berjudul "Lupakan", duo yang digawangi oleh Wendy (Fun Fun For Me) dan Dotchy (Zhei) ini kembali masuk dalam daftar lagu terbaik 2018 dengan single terbaru mereka "Fase" yang pada bulan Agustus lalu resmi dirilis melalui kanal YouTube mereka. Saya membayangkan, sepertinya akan lebih dapet dan kena jika lagu ini Wendy mainkan dengan tempo yang lebih kencang dan suasana seperti yang ada di lagu Fun Fun For Me berjudul Remaja Milenia.










Benbenan.com terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin bergabung dan berkontribusi melalui tulisan, foto, video, dsb. Langsung kirim ke benbenandotcom@gmail.com
nantinya setiap karya yang lolos editing akan kami terbitkan di laman benbenan.com




Terimakasih, selamat berkarya!

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.